web analytics

Kades Sindanglaya Salurkan BLT Bansos Covid-19 Tepat Sasaran

Bandung – Dampak merebaknya virus Covid 19 pemerintah pusat menggelontorkan dana Trilyunan Rupiah Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada masyarakat di Indonesia guna meringankan beban ekonomi dimasa pandemi ini, diantaranya adalah desa Sindanglaya Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung. Hal ini diungkapkan oleh Adang Sopandi selaku Kades Sindanglaya ketika ditemui SNP diruang kerjanya.

Menurut Adang Sopandi pihaknya telah menerima BLT Banpres Bansos Covid 19 tahap I dari pemerintah pusat sebanyak 167 KPM dan tahap II sebanyak 164 KPM (Keluarga Penerima Manfaat) masing-masing Rp 600.000 setiap KPM yang disalurkan melalui PT. Pos Cabang Ujung Berung.

“Sebanyak 331warga desa Sindanglaya sudah menerima BLT Banpres Bansos Covid 19 tahap I dan tahap II dan langsung diberikan oleh PT. Pos kepada tiap warga yang berhak menerima, kepala Desa hanyalah fasilisator” ujarnya.

Selain itu Kades Adang Sopandi juga menjelaskan telah mengalokasikan Dana Desa BLT Bansos Covid 19 berdasarkan Peraturan Kepala Desa Sindanglaya nomor 02 tahun 2020 tentang Penetapan Penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa.

” Ada 50 KPM warga desa Sindanglaya yang menerima BLT Dana Desa Bansos Covid yang dibagikan bertahap, tahap I sudah dilakukan bulan Mei tahap II bulan Juni dan tahap yang ketiga akan dibagikan akhir bulan Juli,” ucapnya. Dia menjelaskan Desa Sindanglaya juga sudah menerima Bansos Covid 19 dari Pemrov.

Jabar dan Pemkab.Bandung dan bantuan cadangan dari BUMDES Sindanglaya dengan bentuk sembako berikut uang tunai dan semua telah tersalurkan kepada warga yang berhak menerima.

“Mekanisme semua penyaluran Bansos Covid 19 saya membentuk tim relawan desa tanggap Covid 19, yang melibatkan perangkat desa BPD, Bidan Desa ,PKK,Karang Taruna,Puskesos, serta seluruh ketua RW/RT dibantu dan diawasi oleh Binmas maupun Babinsa untuk melaksanakan strategi penanggulangan dampak Covid 19 di desa Sindanglaya,” terang Adang Sopandi.

Selanjutnya kata Adang, Kepala Desa melaksanakan musyarah bersama BPD, ketua RW/RT lembaga desa bersama tokoh masyarakat membahas siapa saja yang layak menerima Bansos Covid 19 tersebut. “Semua ketua RT/RW beserta tokoh masyarakat kami undang untuk membahas penyaluran Bansos Covid 19 yang diterima agar benar-benar tepat sasaran dan tidak menimbulkan persoalan,” katanya.

Ditanya sejauh mana pembangunan infrastruktur yang telah dilakukan Kades Sindanglaya selama menjabat tiga periode dia mengatakan sudah banyak yang dilaksanakan untuk memajukan warga desa.

“Saya ingin memajukan desa Sindanglaya terutama pembangunan infrastruktur, ekonomi, bidang kesehatan, dan pendidikan, jangan sampai ada warga saya yang tidak bersekolah dan sakit tidak dapat berobat, saya akan berupaya membantu warga agar hal itu tak terjadi karna itu adalah tanggung jawab saya sebagai orang yang diberikan kepercayaan oleh masyarakat menjadi Kades Sindanglaya selama tiga periode, Insya Allah akan saya laksanakan dengan baik karena jabatan adalah amanah,” pungkasnya.

Sementara Anggaran Dana Desa yang diterima desa Sindanglaya Tahun Anggaran 2020 adalah sebesar Rp.896.997.000. dan dialokasikan keberbagai kegiatan dan pembangunan infrastruktur serta bangunan desa guna meningkatkan perekonomian serta mendukung dan membantu berbagai kegiatan seperti pembentukan pusat pembelajaran masyarakat,pembentukan perpustakaan kesehatan masyarakat,pengadaan sumber air bersih dan betonisasi jalan dan yang lainnya. (ERS)

%d bloggers like this: