web analytics

Kolaborasi RNI-Karang Taruna Nasional, Dorong Pemberdayaan Millennial menjadi Wirausaha

Jakarta – Dalam rangka pemberdayaan serta mewujudkan kemadirian ekonomi masyarakat khususnya generasi millennial, PT Rajawali Nusantara Indonesia (Perseo) (RNI) bersama Karang Taruna Nasional sepakat menjalin kerjasama strategis terkait Pemberdayaan Anggota Karang Taruna Nasional.

Kerja sama tersebut ditandai dengan pendatanganan nota kesepahaman oleh Direktur Utama RNI Eko Taufik Wibowo bersama Ketua Umum Karang Taruna Nasional Didik Mukrianto, disaksikan oleh Wakil Ketua Majelis Pertimbangan Karang Taruna Nasional Muhammad Rapsel Ali dan Direktur Manajemen Aset RNI Endang Suraningsih.

Menurut Eko, melalui kerjasama ini, RNI bersama Karang Taruna Nasional sepakat untuk menjalin sinergi dalam pemberdayaan para pemuda anggota Karang Taruna Nasional khususnya di bidang kewirausahaan dan kesejahteraan sosial.

“Kondisi pandemik mengharuskan seluruh elemen masyarakat bekerja sama mendorong pemberdayaan guna menjaga ketahanan ekonomi. Untuk itu, kami menyambut baik sinergi dengan Karang taruna Nasional, hal ini dapat membuka peluang kolaborasi antara perusahaan dengan generasi muda hingga ke tingkat desa,” ujarnya Sabtu, 10 Oktober 2020, di Jakarta.

Eko mengatakan, melalui kolaborasi ini RNI akan mendorong para millennial-nya untuk turun kemasyarakat menggalang sinergi dengan anggota Karang Taruna Nasional melalui berbagai program pemberdayaan dan kewirausahaan.

Hal ini juga sejalan dengan peran RNI sebagai Ketua BUMN Klaster Pangan. Diharapkan, kolaborasi antara millennial RNI dan Karang Taruna Nasional dapat mengakselerasi pendistribusian dan penyediaan produk-produk pangan di masyarakat, dalam rangka turut mewujudkan stabilitas dan ketersediaan pangan nasional sampai ke tinggkat desa,

“Kerjasama ini menjadi sangat strategis mengingat Karang Taruna Nasional merupakan organisasi besar dengan sebaran anggota yang sangat luas sampai ke berbagai pelosok Tanah Air,” ujarnya.

Kerjasama melingkupi pendampingan dan pelatihan kewirausahaan terhadap Anggota dan Pengurus Karang Taruna Nasional, pengenalan produk-produk BUMN Klaster Pangan yang dapat dikerjasamakan, serta pemberdayaan Anggota dan Pengurus Karang Taruna Nasional sebagai wirausaha.

“Kedepannya akan dilakukan pendampingan kepada Anggota dan Pengurus Karang Taruna Nasional, sehingga diharapkan dapat terjadi transfer knowledge terkait proses bisnis. Diharapkan produk BUMN Klaster Pangan dapat semakin dikenal dan tersebar luas di masyarakat serta kader-kader Karang Taruna Nasional dapat tumbuh menjadi wirausaha yang mandiri,” papar Eko.

Sementara itu, Didik Mukrianto mengatakan, kerjasama ini menambah peluang generasi muda, khususnya bagi mereka yang aktif sebagai anggota Karang Tarunan Nasional untuk menjadi wirausaha.

Ia menambahkan, Karang taruna merupakan organisasi yang telah lama eksis sebagai wadah kreasi generasi muda. kepengurusan Karang Taruna sudah tersebar di seluruh Indonesia, baik di tingkat desa maupun kelurahan.

Didik berharap, kerja sama antara Karang Taruna Nasional dengan RNI dapat berjalan dengan baik sehingga menjadi salah satu program yang turut berkontribusi dalam upaya pemulihan ekonomi nasional yang sangat diperlukan oleh masyarakat.

Sekilas PT RNI (Persero) PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) (RNI) merupakan BUMN yang saat ini memprioritaskan aktivitas bisnisnya pada bidang pangan dalam rangka mendukung program pemerintah mewujudkan ketahanan pangan.

Saat ini RNI bersama 8 BUMN pangan lainnya tergabung kedalam Klaster BUMN Pangan. RNI sebagai Ketua Klaster, berperan aktif mendorong sinergi antar BUMN anggota Klaster Pangan guna mewujudkan ketersediaan, keterjangkauan, kualitas, dan keberlanjutan pangan Indonesia. Dalam aktivitas bisnisnya, RNI memiliki 11 Anak Perusahaan dalam bidang agroindustri, alat kesehatan, bidang perdagangan dan distribusi serta memiliki jaringan sebanyak 48 cabang yang tersebar di kota besar seluruh Indonesia.

Di tengah pandemi Covid-19, RNI berperan aktif dalam penyediaan alat Kesehatan, obat-obatan, serta APD di RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet Jakarta, serta di RS BUMN, RS rujukan lainnya dan Instansi yang membutuhkan.

Informasi lebih lanjut:
Iqbal Nurman Suwitamihardja
Manager Komunikasi Korporasi
dan Layanan Direksi PT RNI (Persero)
Email : iqbal.nurman@rni.co.id
Tlp : (021) 80604255

%d bloggers like this: