web analytics

Puluhan Hektar Lahan Pertanian Di Blok Kramat Dan Blok Pendataran Desa Cibalandongjaya, Diserang Hama Tikus

Subang – Puluhan hektar lahan pertanian (sawah) yang berada di blok kramat dan blok pendataran milik warga yang ada di Desa Cibalandongjaya Kecamatan Cibogo Kabupaten mengalami gagal panen yang dikarenakan serangan hama tikus dan banjir.

Sebelum lahan pertanian (sawah) milik warga tersebut diserang hama tikus, awalnya sawah tersebut terendam air (banjir) akibat curah hujan yang cukup tinggi sehingga meluapnya aliran sungai cipunagara.

Seperti yang diutarakan salah seorang warga Cimanggu Desa Cibalandongjaya, lahan pertanian (sawah)saya gagal panen, yang dikarenakan kebanjiran akibat hujan yang cukup lebat sehingga semua sawah saya terendam banjir namun setelah terendam air (banjir) tidak berselang lama datang musibah yaitu serangan hama tikus, untuk saat ini untuk lahan pertanian (sawah) itu gagal panen sehingga rugi jutaan rupiah.

“Alhamdulilahnya saya, masuk program asuransi, sehingga ada pengantian dari asuransi melalui dinas terkait, sehingga dapat meringankan beban bagi petani yang terkena bencana”, tegasnya.

Ustad Jakaria Ketua Kelompok Tani Sabar Ikhtiar saat ditemui, sabtu (13/03/2021)mengatakan, ada pribahasa habis jatuh tertimpa tangga pula, yaitu lahan pertanian (sawah) yang berada di blok kramat dan blok pendataran sekitar 20 hektar an terendam banjir dan setelah air surut akibat dari meluapnya air sungai cipunagara, tidak lama kemudian lahan pertanian (sawah) tersebut di serang hama tikus, yang mengakibatkan gagal panen, alhamdulilahnya lahan pertanian (sawah) yang terendam air (banjir) mengikuti program asuransi, sehingga ada pengantian dari program asuransi melalui Dinas terkait, ungkap Ustad Jakaria.

“Kami mohon kepada Dinas terkait untuk melakukan menyemprotan di lahan pertanian (sawah) yang terserang hama tikus, karena apabila dibiarkan hama tikus nya akan menyerang ke lahan pertanian (sawah) lainnya”, tegasnya. (Sun)

%d bloggers like this: