web analytics

UPTD Petanian Cibogo Bersama Petani Basmi Hama Tikus Dan Hama Wereng

Subang – Dalam mencegah dan meluasnya serangan hama tikus dan hama wereng yang menyerang lahan pertanian di blok kramat dan blok dataran yang mengakibatkan puluhan hektar lahan pertanian gagal panen (puso).

Sehingga pihak Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pertanian Cibogo bersama petani yang ada secara bersama-sama melakukan pembasmian hama tersebut pada hari, senin (15/03).

Ketua kelompok tani Sabar Ikhtiar Desa Cibalandongjaya, Ustad Jakaria menyebut, hama tikus menyerang puluhan hektar sawah sehingga mengakibatkan gagal panen.

“Diperkirakan 20 hektar sawah di blok keramat dan blok dataran RT 07/03 Kampung Cibalandong Desa Cibalandongjaya mengalami kerugian, para petani mengeluh kaitan dengan hama tikus yang menyerang sawah, selain hama tikus juga hama weureng, hal ini menjadi keluhan warga masyarakat petani Desa Cibalandong,” ungkap Ustad Jakaria, Senin (15/3).

Dia berharap kepada pemerintah melalui dinas pertanian Kabupaten Subang agar ada penanganan serius kaitan dengan hama tikus yang menyerang padi di sawah mereka di Blok Keramat dan Blok Pedataran.

Kepala UPTD Pertanian Kecamatan Cibogo H. Haris melalui Koordinator Penyuluh Pertanian BPP Cibogo H. Warto menjelaskan, pihaknya saat ini sedang melakukan penyemprotan hama wereng dan pengemposan hama tikus di lokasi sawah Cimanggu Desa Cibalandong seluas 30 hektar.

H Warto mengungkap, setelah penyemprotan hama wereng dan pengemposan hama tikus di kampung Cimangggu, pihaknya akan merealisasikan ke pesawahan blok keramat dan blok pedataran.

“Itu pun harus ada pengajuan dari bawah yakni dari kelompok tani yang terserang hama tersebut, karena kita akan mengajukan ke dinas pertanian disesuaikan dengan kebutuhan, diharapkan kita perlu ada evaluasi dan berupaya untuk melakukan penyemprotan hama wereng dan berharap kepada pemerintah melalui Dinas Pertanian Kabupaten Subang agar memberikan bantuan pestisida dan pungisida untuk pengendalian hama dan penyakit tanaman”, tegas H.Warto. (Sun)

%d bloggers like this: