web analytics

BMT Binamas Cabang Pituruh di Resmikan Bupati

Purworejo -Bupati Purworejo RH Agus Bastian SE MM meresmikan kantor baru KSPPS BMT Binamas Cabang Pituruh, Jum’at (05/11).

Hadir mendampingi Bupati diantaranya Kepala Dinas KUKMP Gatot Suprapto SH, Kabag Humas Dan Protokol Rita Purnama SSTP MM, Kepala BMT Kabupaten Purworejo Karsiwi Tri Setyantoro, Camat dan Forkopimcam Pituruh, Pimpinan BMT tingkat Kecamatan, serta unsur terkait lainya.

Dikatakan Bupati, kehadiran lembaga keuangan mikro syariah bernama BMT (Baitul Maal Wat Tamwil) yang berorientasi pada ekonomi kerakyatan, selama ini dirasakan telah membawa manfaat finansial bagi masyarakat, terutama masyarakat kecil yang tidak bankable dan menolak riba.

“Kehadiran BMT di satu sisi menjalankan misi ekonomi syariah dan di sisi lain mengemban tugas ekonomi kerakyatan berupa pemberdayaan ekonomi mikro. Itulah sebabnya, perkembangan BMT sangat pesat di tengah perkembangan lembaga keuangan mikro konvensional lainnya,” ungkapnya.

Namun menurut Bupati, saat ini BMT masih memiliki banyak kelemahan-kelemahan untuk dapat mengembangkan kegiatan usahanya.

“Permasalahan permodalan misalnya, merupakan salah satu permasalahan utama yang dihadapi BMT. Selain itu kurangnya SDM yang memiliki kompetensi di bidang perkoperasian syariah, juga menjadi permasalahan yang harus segera dicarikan solusinya,” tandasnya.

Walaupun demikian, dirinya optimis bahwa berbagai kendala tersebut dapat diatasi oleh BMT Binamas, karena selama ini terbukti mampu tampil sebagai BMT terbesar di Kabupaten Purworejo, dengan perkembangan yang cukup pesat dari tahun ke tahun. Ia juga berharap keberadaan BMT Binamas Pituruh ini, akan semakin meningkatkan peran dalam membangun perekonomian umat khususnya di Kabupaten Purworejo.

“Saya juga meminta kepada BMT Binamas dan koperasi sejenis lainya untuk mempermudah persyaratan pengajuan pinjaman bagi masyarakat kurang mampu ataupun UMKM. Biasanya mereka tidak punya jaminan untuk meminjam, jadi tolong jangan dipersulit apalagi untuk UMKM,” pesan Bupati.

Sementara itu Karsiwi Tri Setyantoro mengungkapkan, dahulu BMT dimulai dari satu kantor dan dengan modal yang seadanya. Namun dalam perkembangannya, masyarakat semakin percaya dengan Binamas, sehingga mampu lebih mengepakkan sayap khususnya di Kabupaten Purworejo.
Dijelaskan bahwa di wilayah Kabupaten Purworejo sendiri, kantor BMT Binamas sudah hampir ada di setiap kecamatan.

“Tinggal mungkin di beberapa kecamatan seperti Butuh dan Grabag yang belum ada kantornya. Kami mohon dukungan dari semua pihak utamanya masyarakat agar nantinya kantor BMT Binamas bisa merata di seluruh kecamatan,” harapnya. (Bin)

%d bloggers like this: