web analytics

Curah Hujan Yang Tinggi dan Deras, Desa Cupunagara,Kecamatan Cisalak, di Terjang Tanah Lomgsor

Subang -Deras di sertai angin kencang mengguyur kawasan desa cupunagara, kecamatan Cisalak, Kabupaten Subang. minggu (14/11) sekisar pukul 12.00 WIB.

Akibatnya jalan desa di kampung cibungaok terputus tidak bisa melewati, karena tertutup material longsor. Kendaraan roda dua maupun roda empat tidak bisa melintas di jalan tersebut karena tertutup materil longsor, seluruh badan jalan menuju wilayah lembang, kabupate Bandung Barat, (KKB). begitupun arah sebaliknya sehingga aktifitas masyarakat menjadi terhamvat,” kata Ade warga serempat saat di hubungi (14/11).

Ade berharap, agar alat berat pemerintah segera tiba ke lokasi untuk memberesihkan material longsor agar arus lalu lintas kembali normal. Sementar ini, menurut, kasi kedaruratan Bencana BPBD kabuoaten Subang. Rahmat dalam peristiwa itu tidak ada korban jiwa, sebab keadaan lalulintas sepi, namun akses jalan dari kedua arah tidak bisa di lalui kendaraan, roda dua maupun roda emoat.

Menurutnya, dari lapiran Pemerintah desa cupunagara di lapangan diperkirakan bencana longsor tersebut terjadi sekisar pukul 12 00 WIB siang hari. Angin kencang disertai hujan deras selama 5 jam mengguyur di kawasan itu.

Meski sejumlah petugas BPBD sudah diterjunkan di lokasi, namun hingga kini mereka belum berani melakukan evakuasi material longsor karena kondisi tanah perbukitan di sekitar lokasi longsor dinilai masih labil. Adapun untuk alat berat malam ini akan di terjunkan ke lokasi untuk melakukan pemberesihan material tanah longsor dan Batang pihon yang menutupi badan jalan,” kata rahmat saat di hubungi.

Menurutnya, akibat peristiwa longsor tersebut akses jalan utama yang berada di desa cupunagara itu tertibun material longsor setinggi 5 meter, lebar hampir 50 mete dan panjang 240 meter.

Untuk melakukan memberesihkan material longsor kami masih melihat setuasi di lapangan terutama dari faktor cuaca, hal ini mengingat curah hujan yang cukup tinggi, kami khuwatir terjadi longsor susulan, karena itu kami, baik para petugas maupun warga agar tetap waspada saat berada di lokasi ujar Rahmat. (Us)

%d bloggers like this: