web analytics

Bupati Way Kanan Menghadiri Acara Seminar Perbankan Syariah Gerakan Wakaf Uang Dalam Rangka Pemkab Way Kanan HUT ke 11 PT BPRS SYARIAH

Way Kanan SNP,

Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya menyampaikan kegiatan Seminar Perbankan Syariah Gerakan Wakaf Uang Dalam Rangka Pemkab Way Kanan HUT ke 11 PT BPRS SYARIAH Way Kanan Tahun 2022, Seperti kita tahui saat ini geliat zakat dan wakaf di indonesia berkembang dengan pesat kesadaran masyarakat Indonesia untuk berzakat dan berwakaf baik Selain etika Islam diatas, Instrumen – instrumen keuangan syariah juga sangatlah beragam, Ada instrumen keuangan yang diperuntukkan untuk bisnis, Misalnya jual beli, Sewa-menyewa dan kerja sama.

“Selain itu, Islam juga menjelaskan tentang instrumen keuangan untuk Kita tau bahwa Agama Islam adalah agama yang lengkap dimana tidak hanya mengajarkan ibadah saja tetapi juga mu’amalah, Islam telah secara sempurna menjelaskan etika bisnis seperti kejujuran, Keterbukaan dan Lain – lain yang pada akhirnya akan menguntungkan semua pihak mengatasi masa,” Jelas Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya.

Ia mengatakan bahwa Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan wakaf diIndonesia belum berperan dalam memberdayakan ekonomi umat di antaranya, masyarakat masih berasumsi, yang diwakafkan harus dalam bentuk benda tak bergerak, seperti tanah yang peruntukkannya untuk ibadah dan lain sebagainya, sedangkan uang dianggap tak bisa dikelompokkan sebagai wakaf, apalagi dalam pecahan kecil, Hal inilah yang menyebabkan pandangan masyarakat tentang wakaf sangat terbatas, Masih bersifat konvensional dan belum mengarah ke arah yang produktif.

“Kemudian Masalah sosialisasi, hal ini tak hanya terjadi pada masyarakat, tapi juga terhambat pada media, baik media cetak maupun elektronik, Yang belumtersosialisasi dan teredukasi dengan masif mengenai wakaf.

Dan Masalah kelembagaan yang masih belum maksimal melakukan pengumpulan wakaf uang,”Ujar Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya.

Lebih lanjut, Ia menambahkan “Orientasi bisnis dan sosial yang ada dalam wakaf adalah wakaf, Terutama wakaf tunai yang diterimaoleh nazir haruslah di investasikan untuk mencari profit Sebesar – besarnya, Untuk kemudian diberikan kepada penerima manfaat wakaf.” (Sp)

“Supaya bertujuan mencari alternatif bisnis yang menghasilkan laba adalah agar banyak penerima yang dibantu, Hal ini tentu perlu kerja sama antar lembaga keuangan penerima wakaf uang, Namun sebagaimana kita lihat kerjasama tersebut belum nampak, Dan terkesan Masing – masing lembaga berjalan Sendiri – sendiri,” ungkap Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya. Kegiatan tersebut dihadiri langsung Bupati Way Kanan. H. Raden Adipati Surya, S.H., M.M. Wakil Bupati Kab. Way Kanan. Drs. Ali Rahman, M.T Beserta jajarannya. (Sp)