web analytics

Dampak Covid-19 Perumda Air Minum Tirta Raharja Cepat Tanggap Keluhan Pelanggan

Bandung,- Sejak merebaknya pandemi Covid 19 khususnya di Indonesia Perumda  Air Minum Tirta Raharja Cimahi Kabupaten Bandung Barat Jabar berupaya meningkatkan pelayanan dengan operasi produksi pelanggan, sehingga masyarakat dapat menggunakan air yang aman dan sehat sesuai dengan standar Permenkes Air Minum untuk konsumsi bagi masyarakat pelanggan di wilayah kota Cimahi Kabupaten Bandung Barat dan seluruh Kabupaten Bandung.

Sesuai dengan ketentuan PSBB Prov.Jawa Barat bahwa masyarakat dihimbau agar mematuhi peraturan Pemerintah untuk tetap dirumah. Hal ini disampaikan oleh Sri Hartati,S.Sos, M.Si Manager Humas dan Kesekretariatan Perumda Air Minum Tirta Raharja melalui Press Release.

“Untuk mengatasi hal tersebut Perumda Air Minum Tirta Raharja mengambil langkah dengan memfasilitasi cara pembayaran tagihan melalui e-commerce dan transaksi via atm” kata Sri Hartati.

Dia menjelaskan terkait dengan pelayanan masyarakat pelanggan boleh menyampaikan keluhan dengan menggunakan layanan aplikasi What Saap (WA) dan tidak perlu datang langsung ke kantor pelayanan.

“Petugas teknis kami senantiasa siap melayani setiap keluhan pelanggan” ujarnya.

Menurut Sri Hartati   saat ini petugas pembaca meter Perumda Air Minum Tirta Raharja tetap melakukan pembacaan kerumah pelanggan, namun dalam kondisi pandemi Covid 19 tidak semua wilayah dapat terjangkau untuk pembacaan meternya.

“Kami berharap pelanggan yang wilayahnya tidak terjangkau dapat membantu mengirimkan foto meternya dan angka pemakaian” ungkap Sri Hartati.

Dia menambahkan apabila pelanggan merasa tidak ada petugas yang datang khusus wilayah zona merah yang wilayahnya ditutup akan menentukan pemakaian air bulan depannya dengan menghitung pemakaian air secara rata-rata beberapa bulan kebelakang sebagai dasarnya.

Kalau dirasakan pelanggan terdapat ketidaksesuaian tagihan air akibat dampak pembacaan mandiri ini pelanggan bisa menyampaikan keluhan dengan me ngirimkan data foto meter air terakhir untuk dijadikan dasar perhitungan tagihan pelanggan.

“Untuk mengantisipasi angka pemakaian air bulan berikutnya kami menghimbau pelanggan untuk dapat membantu kami mengirimkan foto meter dan angka pemakaian sebagai dasar tagihan bulan berikutnya” ujar Sri

Sementara itu jika ada persoalan teknis atas sambungan langganan petugas teknis Perumda Air Minum Tirta Raharja akan segera melakukan perbaikan.

Terkait dengan pemberitaan sebelumnya di swaranasionalpos.com bahwa adanya pembengkakan tagihan di Perumda  Air Minum Tirta Raharja Unit Pelayanan Rancaekek pelanggan bisa melakukan permohonan keberatan atas tagihan yang dirasa  tidak sesuai dengan membawa foto terakhir angka meter dirumah pelanggan dan selanjutnya dilakukan penyesuaian pemakaian air sesuai pemakaian yang sebenarnya sehingga persoalan tagihan air pelanggan bisa segera diselesaikan.

“Apabila ada keluhan pelanggan dengan tagihan airnya, perlu dilakukan pemeriksaan atas data teknis, angka pemakaian wajar dan kondisi meter air. Sehingga persoalan tagihan bisa dibuktikan kebenarannya” ungkapnya.

Tarif air di Perumda Tirta Raharja tidak ada kenaikan jika tagihan atas pemakaian air pelanggan dirasakan tidak wajar pelanggan bisa menyampaikan keberatan atas tagihan dimaksud untuk segera melakukan pemeriksaan kelapangan.

Terkait dengan pandemi Covid 19 Perumda Air Minum Tirta Raharja menghimbau masyarakat menggunakan air bersih sesuai kebutuhan untuk dapat dimanfaatkan mencuci tangan dan membersihkan diri sesuai dengan protokol kesehatan mengingat bahwa air bersih Perumda Air Minum Tirta Raharja sudah mengandung desinfektan sesuai dengan ketentuan sehingga tagihan air bulanan relatif wajar. (ERS)