web analytics

Sedekah Bumi di Alas Cikawung Blok Kosambi Indramayu

Indramayu – Sikap rasa gotong royong yang sangat kental di tunjukan anggota masyarakat Alas Cikawung Blok Kosambi, Desa Cikawung Kec. Trisi. Dalam acara sedekah bumi yang dilaksanakan beberapa waktu silam, semua anggota masyarakat Blok Kosambi berduyun-duyun datang ke lokasi diadakannya selamatan ‘Sedekah Bumi’ Setiap anggota masyarakat datang membawa berbagai macam makanan dan kebutuhan untuk acara ‘Sedekah Bumi’ mulai dari Nasi Kuning, Ayam Panggang, Lontong dan berbagai macam aneka buah-buahan mulai dari Mangga, Pisang, Jeruk, dan banyak lagi jenis buah.

Teriknya matahari pagi tidak menjadi halangan bagi masyarakat Blok Kosambi untuk mengikuti acara dari permulaan hingga berakhirnya acara ‘Sedekah Bumi’ masyarakat dengan sangat antusias mengikuti prosesi ‘Sedekah Bumi’.

Dengan dipandu tokoh masyarakat Blok Kosambi Bapak Casman, memulai acara prosesi ‘Sedekah Bumi’ dengan membaca doa, dilanjutkan dengan prosesi selanjutnya pengambilan uang yang ada di tempat diadakannya acara, dimana pengambilan uang di wakili oleh masyarakat setempat yakni Bapak Musa, prosesi selanjutnya makan bersama ditengah lokasi acara ‘sedekah bumi’.

Kebersamaan masyarakat Blok Kosambi dalam acara ‘Sedekah Bumi’ dapat dijadikan contoh bahwa walaupun hidup di tengah Alas, tidak ada yang sulit ketika beban itu dipukul dan ditanggung bersama. Dalam pengamatan wartawan SNP, acara ‘Sedekah Bumi’ di Blok Kosambi terkesan mewah untuk masyarakat Alas, akan tetapi semua datang dan memberikan sesuai kemampuan dan keihklasan masing masing dengan wajah yang ceria dan tawa bahagia.

Berdasarkan keterangan tokoh masyarakat setempat, Bapak Casman yang biasa dipanggil Gopa, didampingi tokoh masyarakat setempat seperti Bapak Jaja, Bapak Karyo, Bapak Musa, Bapak Kasman mengatakan kepada SNP, acara ‘Sedekah Bumi’ tiap tahun dilaksanakan, agar ketika petani akan memulai aktifitas bertani, tanah dan bumi memberikan berkah dan manfaat kepada petani, ucap Casman. Biasanya acara ‘Sedekah Bumi’ dipusatkan disini, tapi untuk tahun ini diadakan di beberapa tempat imbuhnya.

Menurut keterangan Bapak Casman anggota masyarakat Alas Cikawung sudah ada kurang lebih 200 KK. Harapan anggota masyarakat agar mereka mendapat pengakuan dari Aparat Pemerintah Desa Cikawung. Harapan tersebut diamini semua anggota masyarakat yang hadir dalam acara ‘Sedekah bumi’.

Sebelum Acara ‘Sedekah Bumi’ berakhir tokoh masyarakat Blok Kosambi Bapak Casman membagikan benih padi kepada anggota masyarakat yang hadir. Petani sejahtera tentu masyarakat sejahtera, harapan masyarakat Blok Kosambi Desa Cikawung Kec. Trisi agar Pemerintah Daerah Indramayu memberikan perhatian dan bantuan demi tercapainya kehidupan petani yang lebih baik. (Team)