web analytics

Pemdes Desa Guwa Kidul Adakan Ghiat Rakordes Bersama Puskesmas Kecamatan Kaliwedi

Cirebon SNP – Dalam rangka lebih meningkatkan kesehatan masyarakat serta memaksimalkan tugas sekaligus koordinasi antar Ketua RW, Ketua RT, Pos Pelayanan Terpadu (posyandu) ketua tim penggerak PKK, Pemerintah Desa Guwa Kidul Kecamatan Kaliwedi Kabupaten Cirebon bersama tim kesehatan gelar Rapat Kordinasi Desa (rakordes) bertempat di Kantor Desa Guwa Kidul (19/06)

Dalam kesempatan Kegiatan ini dihadiri oleh kuwu desa guwa kidul supandi, kepala puskesmas kaliwedi, H. Sofyan, S. Kep, Ners. Suryati Ketua Tim penggerak PKK bersama kadernya, Lembaga BPD, bhabinsa bhabinkamtibmas, ketua RT dan RW, UPTD pengendalian penduduk, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P5A), serta hadir dari semua Kader Kesehatan Desa.

Di dalam rapat kordinasi desa tersebut (rakordes) Kepala Puskesmas Kecamatan Kaliwedi H. Sofyan, S. Kep, Ners membahas berbagai hal seperti peningkatan kordinasi seperti kegiatan setiap Kelompok Kerja (Pokja). Juga membahas materi terkait kesehatan yang terjadi di masyarakat desa guwa kidul dengan mengatakan.

“Ibu-ibu kader, ibu-ibu PKK berharap semua terjun langsung, karena di situ banyak kegiatan dan tindakan terhadap masyarakat, seperti pencatatan, penyuluhan, pemberian vaksin, dan kita juga sedang di mejer tentang data stanting, di harapkan di desa guwa kidul bisa tekan stanting yang saat ini ada 32 orang yang terkena stanting, itu harus di input atau data” terangnya.

“Kami meminta kerja samanya kepada Ketua RT dan Ketua RW, kalau ada yang sedang hamil dan mau melahirkan, segera di laporkan untuk diaktifkan kartu BPJS atau kartu KIS nya, juga masalah warganya yang meninggal segera di data dan di laporkan langsung ke bidan desanya untuk segera di input, karena yang punya BPJS atau KIS harus segera dinonaktifkan seandai masih aktif.

“Jadi sekali lagi kami menghimbau kepada Ketua RT dan Ketua RW sampaikan ke warganya untuk segera kontrol kesehatanya walaupun tidak sakit, mungkin seperti cek gula darah atau cek kesehatan lainnya, karena takutnya ketika kartu sehatnya tidak pernah di pergunakan tiba-tiba ketika di butuhkan jadi tidak aktif.

“Jadi kami juga mohon kerja sama nya kepada ibu ibu PKK dan kader posyandu kedepanya lebih di tingkatkan lagi, lebih teliti datanya demi masyarakat desa guwa kidul yang lebih baik pungkasnya” Kepala Puskesmas Kecamatan Kaliwedi H. Sofyan, S. Kep., Ners.

Di tempat yang sama supandi selaku kuwu desa guwa kidul juga mengajak dan menyarankan kepada para ketua RT ketua RW sebagai kepanjangan tangan dari pemerintah desa, segera lakukan pendataan kepada masing masing warganya, datangi sikapi dengan cara dor to dor agar tahu permasalahan atau keluhan masyarakat tentang kesehatan, karena kami sebagai kuwu desa tidak mungkin tahu satu persatu terhadap masyarakat kalau tidak ada laporannya katanya”, kuwu desa guwa kidul supandi. (Turah)