web analytics

Vaksinasi Rabies Pada Hewan Peliharaan Dinas Pertanian Cilacap Gratiskan 500 Vaksin

Cilacap – Guna pencegahan penularan penyakit rabies pada hewan piaraan seperti, kucing, anjing, musang dan monyet, Dinas Pertanian kabupaten Cilacap menyiapkan 500 dosis vaksin gratis untuk ratusan hewan peliharaan. Pemberian vaksin dilakukan di halaman kantor Dinas Pertanian kabupaten Cilacap, Rabu (28/9).

Kepala Dinas Pertanian kabupaten Cilacap, Susilan, mengatakan ” Pemberian vaksin Rabies ini kerjasama dengan Balai Karantina Hewan Cilacap serta melibatkan para tim medik kesehatan hewan. Selain itu ada konsultasi kesehatan dan pemeriksaan hewan yang sakit serta penyakit gatal.”

“Saya berharap masyarakat pemelihara atau pemilik hewan tersebut, merasa lebih tangguh, hewan tidak terkena penyakit rabies karena penyakit rabies sangat berbahaya jika menular ke manusia, untuk itu pelayanan rabies gratis akan terus berlangsung untuk mencegah hewan terjangkit rabies”. Ungkap Susilan.

Kabid Peternakan di Dinas Pertanian Cilacap, Slamet Sugino, mengatakan “Yang perlu di perhatikan sebelum hewan di vaksin, hewan itu harus sehat, sebelum di vaksine di cek dulu kesehatannya, untuk vaksin kami sediakan 500 dosis vaksin. Tadi yang sudah di vaksin kurang lebih 160 , diperkirakan sampai siang bisa mencapai 200 dosis vaksin yang di suntikan, ini gratis” Ungkap Slamet Sugino.

Slamet Sugino berharap, di kabupaten Cilacap jangan ada yang tertular penyakit rabies.

“Mohon doanya mudah mudahan jangan ada yg tertular penyakit rabies di kabupaten Cilacap, Rabies itu bisa menular ke manusia melalui gigitan hewan yang terpapar rabies, ciri ciri tertular penyakit rabies menjadi hiperaktif, menggigit dan menyerang syaraf,takut cahaya,takut air, untuk kabupaten Cilacap tidak ada yang terpapar rabies”.

Salah seorang warga Cilacap yang membawa kucing untuk di vaksin mengatakan ” Saya dari Cilacap kota mau vaksin Rabies untuk kucing saya dan vaksin ini gratis” Ungkapnya. (JAS)

%d bloggers like this: