web analytics

Kapolre Purworworejo Sebagai Inspektur Upacara Wisuda Purna Bhakti

Purworejo – Polres Purworejo Gelar Upacara Wisuda Purna Bakti Yang Di Gelar Di Halaman Mako Polres Purworejo, Senin (09/01). Bertindak Selaku Inspektur Upacara hhKapolres Purworejo AKBP Muhammmad Purbadja, S.H., S.I.K,. M.T dan di hadiri oleh Pejabat Utama Polres Purworejo, Ketua Bhayangkari Cabang Purworejo, Pengurus Bhayangkari dan Personil Polres Purworejo.
Adapun Personel yang Wisuda Purna Bakti yaitu 20 anggota Polri terdiri dari 11 Pama dan 9 Bintara serta 5 ASN Polres Purworejo yang telah memasuki masa purna tugas dari bulan Januari sampai dengan bulan Desember 2022.
Kapolres Purworejo AKBP Muhammmad Purbadja, S.H., S.I.K,. M.T. Dalam amanatnya menyampaikan bahwa upacara purna bakti pada hakekatnya merupakan penghargaan yang tulus dan ungkapan rasa hormat yang setinggi-tingginya dari segenap kesatuan dan rasa kecintaan bagi anggota yang memasuki masa pensiun atas pengabdian selama dinas aktif sampai mengakhiri masa8 purna tugasnya di kepolisian negara republik indonesia, selain itu juga dimaksudkan sebagai pengikat tali persaudaraan serta ikatan batin para purnawirawan beserta keluarga terhadap anggota yang masih aktif sebagai generasi penerusnya.

“Kepada para wisudawan, kami semua polres purworejo mohon doa restu dari para purnawirawan polri untuk melanjutkan tugas membangun polri yang lebih baik, ke depan mudah-mudahan polres purworejo dapat menjadi sosok polisi yang profesional, modern dan terpercaya.

Kepada anggota polri yang masih aktif dalam dinas polri, marilah kita ambil hikmah dari momentum ini untuk lebih meningkatkan tugas dan tanggunggjawab terutama dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.,” Ujar Kapolres Purworejo.

Kapolres Purworejo juga sepakat bahwa upacara ini bukanlah pertanda berakhirnya pengabdian para wisudawan/wati, mengingat bhayangkara sejati pada hakekatnya tidak mengenal berhenti dalam mengabdi kepada bangsa dan negara. apalagi bila dikaitkan dengan ikrar para purnawirawan polri yang menyatakan “sekali bhayangkara tetap bhayangkara”
oleh karena itu walaupun dalam upacara ini nanti ada acara tradisi, pada dasarnya hanya sebagai tanda berakhirnya tugas para bapak dan ibu dari dinas polri, namun para wisudawan/wati tetap menjadi keluarga besar polri yang mempunyai tugas “tetap setia” melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat demi terwujudnya keamanan dan ketertiban masyarakat.

Lebih lanjut, Kapolres mengatakan kepada personel purnawirawan meskipun para wisudawan /wisudawati telahf purna tugas secara batiniah saudara/i tetap berada dalam lingkungan budaya kepolisian yang telah menjadi tali pengikat untuk senantiasa peduli kepada polri.

Perlu diingat, walaupun telah purna tugas, masyarakat masih tetap menganggap bahwa saudara/i sebagai sosok polri yang penuh dengan keteladanan terutama dalam hal ketaatan terhadap hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, jadilah contoh dalam menciptakan ketertiban di lingkungan masyarakat dengan tetap bahu-membahu dengan polri.

Kegiatan tersebut dilanjutkan dengan ramah tamah dan dilanjutkan pelepasan personel purna bakti dengan tradisi pedang pora sebagai penghormatan terakhir kepada personil yang melaksanakan purna bakti terhadap kepolisian ( Mr. Bien )