web analytics

Polres Bogor Lauching Program Polisi mengajar Polisi RW

Bogor – Luncurkan Polisi RW, Plt. Bupati Bogor Bersama Kapolres Bogor Komitmen Ciptakan Keamanan dan Ketertiban Lingkungan Masyarakat Kabupaten Bogor.

Plt. Bupati Bogor Iwan Setiawan bersama Kapolres Bogor AKBP Iman Imanudin meluncurkan Polisi Rukun Warga (RW) yang berlangsung di Gedung Auditorium Setda, Senin (8/5/23).

Peluncuran sebanyak 1.200 anggota Polisi RW yang akan bertugas di 3.600 RW se-Kabupaten Bogor. tersebut dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepolisian kepada masyarakat Kabupaten Bogor. Terutama layanan yang berkaitan dengan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat.

Sekedar diketahui, heterogen dan banyaknya warga Kabupaten Bogor dengan jumlah 5,7 juta dilayani, sementara keberadaan anggota Polres Bogor hanya berjumlah 1.800 personil.

Sehingga dibutuhkan satu inovasi dan akselerasi dalam peningkatan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat Kabupaten Bogor. Polisi RW hadir menjadi fasilitator untuk memecahkan berbagai permasalahan yang ada di tengah-tengah masyarakat. Baik itu masalah dugaan kriminalitas, gangguan lingkungan masyarakat, permasalahan antar tetangga yang bisa diselesaikan secara musyawarah mufakat antara masyarakat dengan masyarakat lainnya.

Plt. Bupati Bogor Iwan Setiawan menyatakan, apresiasi dan terimakasih diluncurkannya program Polisi RW sejalan dengan program pemerintah daerah yang sama-sama ingin menciptakan keamanan, mencerdaskan bangsa juga ingin lebih optimal dalam mengurai masalah yang ada di tengah masyarakat. Baik masalah sosial masyarakat, pendidikan dan keamanan.

“Program ini sangat mendukung dengan besarnya jumlah penduduk di Kabupaten Bogor, juga luasnya wilayah Kabupaten Bogor. Dengan adanya program ini semua permasalahan bisa terdeteksi, mulai dari rawan bencana, rawan sosial, tawuran dan lain sebagainya.

Diharapkan dengan adanya ini akan lebih terkoordinir,” ujar Plt. Bupati Bogor. Lanjut Iwan Setiawan meminta kepada para Camat juga Kades untuk bersama-sama menindaklanjuti program Polisi RW lebih teknis. Baik bagaimana pengaturannya, sosialisasi yang masif. Juga kepada Kadisdik berkaitan dengan polisi mengajar baik teknisnya, panduan penggunaan barcode-nya sebagai bahan untuk sosialisasi kepada pelajar juga masyarakat.

“Sehingga masyarakat maupun pelajar bisa dengan mudah menggunakan barcode ketika terjadi masalah sosial, tawuran dan lainnya,” tegas Iwan Setiawan.

Di tempat yang sama, Kapolres Bogor, AKBP Iman Imanudin mengatakan, peluncuran Polisi RW adalah salah satu upaya dan terobosan yang dilakukan dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kepolisian kepada masyarakat Kabupaten Bogor.

Dirinya berharap keberadaan Polisi RW bisa memecahkan berbagai permasalahan yang ada di tengah-tengah masyarakat. Kehadiran Polisi RW juga jadi momentum bagi kita semuanya, khususnya bagi seluruh anggota Polres Bogor agar lebih mendekatkan diri lagi dengan masyarakat.

“Saya harap para petugas Polisi RW dapat benar-benar hadir di tengah masyarakat, serta terus meningkatkan kualitas pelayanan kepolisian secara komprehensif, sehingga tingkat kepercayaan kepada Polri semakin hari semakin meningkat,” ungkapnya.

Menurutnya, program Polisi RW dan Polisi Mengajar ini akan diselenggarakan di seluruh wilayah Kabupaten Bogor. Polisi RW tergelar setiap satu anggota Polri bertanggung jawab membawahi tiga RW di seluruh Kabupaten Bogor.

“Polisi RW ini akan berada di tengah masyarakat di setiap RW untuk melakukan pembinaan Kamtibmas sehingga diharapkan dengan kehadiran polisi RW, ketika masyarakat membutuhkan kehadiran polisi dengan mudah tinggal scan barcode, disana sudah ada nomor telpon polisi RW nya, nomor telepon Bhabinkamtibmas nya juga ada di nomor 110 yang bisa dihubungi kapan saja,” pungkasnya. (ind/hms)